Search
  • Ardi Arif Suden

Ini Perbandingan Memasak di Rumah vs Daily Meals Halofudi


"Ah ga jadi. Mahal," demikian celetuk salah satu chat melalui Whatsapp. Seberapa mahal kah sebenarnya Daily Meals Halofudi?


Sebelum membahas lebih detail, kita harus menyamakan persepsi. Mahal itu relatif. Jika dibandingkan dengan warteg, tentu daily meals akan terasa lebih mahal. Namun jika dibandingkan dengan restoran, tentu harga daily meals masih tergolong sangat murah. Untuk mendapatkan perbandingan yang fair, kita akan membandingkan harga daily meals Halofudi dengan makanan lain yang menggunakan level bahan yang relatif sama.



Perbandingan Daily Meals dengan memasak di rumah


Memasak tentu merupakan salah satu alternatif pemenuhan pangan yang paling hemat. Seberapa hematkah memasak sendiri jika dibandingkan dengan menggunakan Daily Meals Halofudi?


Di Halofudi, setiap penyajian makanan menggunakan bahan antara 19,000 - 23,000 (untuk jasa catering lain, dengan harga jual yang sama bahan baku yang digunakan berkisar 12,500-an, atau bahkan di bawah). Seperti yang kita ketahui bersama, harga daily meals per pax dimulai dari 38rb. Untuk memudahkan kalkulasi, kita akan mengambil rata-rata penggunaan bahan baku di Halofudi adalah 21,000 / pax.


Pembelian bulky

Seperti F&B yang lain, karena pembelian dalam jumlah yang relatif besar, Halofudi tentu mendapatkan special price dari supplier. Selisih harga barang-barang tersebut tentu bervariatif. Jika dibandingkan dengan supermarket modern setempat, harga bahan baku yang diperoleh Halofudi bisa lebih murah 25 - 40%. Ya.. kamu tidak salah baca. Selisihnya bisa 25 - 40%. Salah satu contohnya, harga tepung maizena di suparmarket modern sekitar 17,000 per kg. Di Halofudi, dengan merk dan kualitas yang sama kami membeli secara bulky dengan kemasan karungan sehingga mendapatkan harga 11,000 per kg. Selisih harga 6,000 (35,3% dari harga retail). Untuk beberapa bahan seperti herbs, selisihnya bakkan bisa mencapai 100%. Jika dibandingkan dengan pasar tradisional, angkanya tentu lebih kecil, namun masih berkisar di 20 - 30%.


Dalam perhitungan, kita akan mengambil angka rata-rata bahwa dengan bahan yang sama, jika Halofudi dapat memperoleh harga 75% (25% lebih murah).


Budget bahan baku di Halofudi = 21,000

Jika membeli bahan yang sama secara retail, maka :

21,000 / 0,75% = 28,000.


Jika kamu memasak daily meals Halofudi dengan bahan yang persis sama, dan membeli sendiri dalam jumlah kecil, kamu akan menghabiskan 28,000 / pax.


Food Waste

Tahukah kamu bahwa setiap rumah tangga membuang 74 kg makanan setiap tahun? Data dari PBB juga menginformasikan bahwa seperlima (20%) makanan terbuang? (https://food.detik.com/info-kuliner/d-5484833/tiap-rumah-tangga-di-dunia-buang-74-kg-makanan-setahun). Angka tersebut adalah angka rata-rata. Jika kamu memasak di rumah, angka tersebut pasti akan lebih tinggi, dan jika kamu membeli makanan, angka tersebut akan lebih rendah.


Jika kamu tidak percaya dengan angka tersebut, kamu bisa membuka kulkas kamu sekarang. Apakah ada bahan-bahan yang telah kamu beli, tapi belum termasak? Angkanya mungkin lebih dari 20% (kita ambil angka 15%)


Dalam perhitungan sebelumnya, kita telah memperoleh perhitungan bahwa bahan masakan yang benar-benar digunakan untuk memasak adalah 28,000 / pax. Dengan adanya waste, tentu sebenarnya uang yang dikeluarkan lebih besar dari angka tersebut, yaitu:

30,000 / (1-20%) = 35,000 / pax



Dengan perhitungan di atas, kita bisa menghitung secara transparan, untuk menghasilkan kualitas makanan yang sama dengan bahan-bahan Halofudi, kita harus membeli bahan seharga 35,000.


Jika dibandingkan dengan harga daily meals per pax, seharga 39,000 (dengan top up 20 pax), memang harga daily meals sedikit di atas jika memasak sendiri. Di daily meals juga dikenakan promo biaya delivery 5,000. Harga per pax yang kamu bayarkan adalah sebesar 44,000.


Namun dengan selisih 9,000 kamu bisa

- tidak perlu memikirkan urusan makanan lagi

- mendapat kualitas makanan yang disiapkan oleh professional chef, ex chef hotel bintang 5

- menghemat waktu (mikirin menu, beli bahan baku, memasak, bersih-bersih dapur dan alat makan)

- memperoleh aneka multi cuisine menu dari Indonesian, Western, Eastern sampai Middle East

- ikut berkontribusi mengurangi food waste

- ikut membantu membuka lapangan pekerjaan


Lantas apakah Daily Meals Halofudi mahal? Tentu semua dari kita punya pandangan masing-masing. Tapi satu hal yang pasti kita semua setuju bahwa waktu itu adalah resource kita yang paling berharga dan priceless.

233 views0 comments

Recent Posts

See All