Search
  • Ardi Arif Suden

Beda Daily Meals Solution dengan Catering

Updated: Aug 13


"Oh catering..."

Demikian respon dari orang ketika kami setelah kami menjelaskan solusi Daily Meals panjang lebar. Walaupun terlihat mirip, kami selalu berusaha menjelaskan bahwa daily meals Halofudi ini berbeda dengan catering.


Buat kamu yang menganggap sama, ijinkan saya bertanya.

Berapa lama kamu pernah langganan satu catering?

Satu, dua, atau tiga minggu? Mungkin 1 - 2 bulan sudah menjadi waktu yang sangat panjang untuk setia terhadap satu layanan catering.


Saya dan Zahra juga sama. Sebelum kami membuat solusi daily meals, kami juga sempat menggunakan catering. Dalam beberapa bulan sebelum membuat Daily Meals Solution, kami sudah mencoba 5 - 6 jenis catering. Rata-rata berjalan hanya 1 minggu. Hanya ada 1 catering yang pernah kami gunakan selama 2 minggu. Ada yang kualitasnya kurang baik, menunya yang membosankan, rasanya yang monoton atau harga yang kurang masuk akal. Dari semua itu, kita menyadari bahwa catering tidak bisa menjadi daily meals solution. FYI catering yang kami gunakan waktu itu 60 - 100rb per sekali makan atau 20 - 100% lebih mahal dibandingkan daily meals Halofudi.


Sesuai dengan namanya, daily meals solution adalah solusi makanan sehari-hari. Berdasarkan pengalaman kami, catering tidak bisa menjadi daily meals solution. Mungkin kamu sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya di sini tentang alasan kenapa kami membangun Halofudi.


Daily Meals Solution adalah solusi makanan sehari-hari yang dapat digunakan secara terus menerus. Alhamdulillah banyak pelanggan dari Halofudi merasakan manfaatnya. Banyak yang telah berlangganan lebih dari 1 bulan. Sebagian telah berlangganan lebih dari 4 bulan. Bahkan ada yang sudah menggunakan solusi daily meals adalah sejak bulan Oktober 2021, ketika kami masih melakukan piloting di kitchen Cempaka Putih. Sudah 10 bulan, dan masih berlanjut sampai sekarang.

Foto makanan Halofudi dalam 1 minggu

Buat kamu yang telah menggunakan daily meals, kamu seharusnya sudah merasakan bedanya. Namun banyak orang, terutama yang masih belum menggunakan solusi daily meals Halofudi melihat sekilas Halofudi mirip dengan catering.


Ini dia beberapa perbedaan Halofudi Daily Meals Solution dengan catering.


  1. Serving vs memasak Mental dari tim di Halofudi adalah tidak hanya memasak. "We should be proud of what we serve". Demikian hal yang selalu kami tekankan kepada tim. Hal ini juga yang umumnya membedakan seorang chef dengan tukang masak. Mentalitas ini diterjemahkan ke dalam aktivitas yang dilakukan, mulai dari pembuatan menu, pemilihan bahan baku terbaik (yang masih berada di dalam budget), mem-prepare bahan, memasak, plating ke dalam box, sampai mengatur logistik agar pengiriman masih tetap baik ketika sampai ke kamu. Kami bukan hanya memasak, tetapi menyajikan makanan secara maksimal agar kamu bisa menikmatinya.

  2. Partner vs jualan Mentalitas ini membedakan cara kami dalam belanja bahan baku. Alih-alih menekan biaya semurah mungkin, kami beroperasional dengan menggunakan anggaran. Ibarat seperti private chef yang berikan anggaran untuk membeli barang, kami meng-combine bahan-bahan dari supplier terbaik yang sudah kami seleksi agar dapat menyajikan makanan terbaik. Mungkin beberapa dari kamu pernah mendapatkan tambahan item yang tidak ada di menu. Hal ini karena anggaran tersebut masih ada sisa dan kami memikirkan komponen tambahan untuk melengkapi makananmu.

  3. Flexible Dalam satu minggu, kita tidak mengharapkan kamu untuk menggunakan Halofudi secara full. Kami mengerti bahwa terkadang kita sebagai manusia tiba-tiba sedang pengen makan makanan tertentu. Itu adalah hal yang sangat alamiah. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan Halofudi sebagai daily meals sesuai dengan kebutuhan, terutama ketika kamu pusing mau makan makanan yang sehat, enak dan terjangkau.

  4. Variasi Menu Agar dapat digunakan secara terus menerus, inovasi menu menjadi suatu keharusan. Setelah berjalan lebih dari 6 bulan, kami telah membuat lebih dari 200 set menu dari berbagai belahan dunia, mulai dari Indonesia, Italy, Chinese, Indian, Mediterania, Japanese, Korean, Africa, Thailand, Malaysia, Yunani dan lain-lain. Set menu tersebut jarang sekali diulang, kecuali ada banyak customer yang request untuk diulang. Kami melakukan investment yang cukup serius untuk selalu dapat berinovasi menciptakan makanan yang dapat menyenangkan jam makan siang/malam kamu.

  5. Harga Harga yang ditawarkan di Halofudi adalah 45rb per pax (42,750 jika kamu bergabung menjadi member). Saya tidak mengatakan bahwa kami adalah yang termurah. Tapi kami berani mengatakan bahwa harga tersebut worthed. Dengan kualitas bahan yang sama, biasanya makanan tersebut dijual lebih mahal 30 - 40% di layanan online delivery. Bahkan dari beberapa customer mengatakan kualitasnya di atas catering seharga 60rb. Saya akan menulis artikel tentang hal ini secara terpisah.

  6. Sehat Saya tidak mengatakan bahwa semua catering tidak sehat. Namun dengan price point di bawah 50rb, sangat susah sekali mencari makanan sehat non MSG dan bahan pengawet dengan kualitas makanan yang dapat dinikmati dengan nyaman. Kalaupun ada, biasanya harganya jauh di atas itu, dan variasi menu tidak sebanyak yang ditawarkan oleh Halofudi.

  7. Instan Delivery Ini merupakan salah satu servis yang baru dilaunching di Daily Meals Halofudi. Kamu bisa langsung memesan dan dikirim secara langsung. Kamu bisa pesan Senin jam 11, dan langsung dikirim. Servis ini masih tahap piloting dan untuk jarak dan quantity nya masih terbatas. :)


Dengan hal-hal tersebut, kami menjawab hal-hal yang tidak dapat diberikan oleh catering pada umumnya. Harapan kami adalah Halofudi dapat memberikan solusi makanan sehari-hari yang nyaman, sehat, enak dengan harga yang terjangkau.


We provide convenient, healthy, delicious and affordable meal. What can you expect more from a daily meal solution? :)

44 views0 comments

Recent Posts

See All